Download jBatik, untuk Desain Motif Batik Fraktal

00.43


JBatik adalah salah satu dari sekian banyak hasil karya anak bangsa yang luar biasa. Perangkat lunak tersebut mampu membawa batik berjalan seiring dengan kemajuan teknologi.

Aplikasi ini mampu menciptakan motif-motif batik modern dengan berbasiskan desain batik tradisional. Pola-pola batik tradisional dipetakan secara matematis kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lunak sehingga menciptakan pola-pola batik yang baru secara digital. Secara lebih jelas, gambar batik mula-mula diolah dan dibuat distribusi frekuensinya. Kemudian dimensinya dihitung dan dibuat fraktalnya.  Dari satu rumus Fractal, software jBatik dapat menghasilkan beragam motif baru dengan mudah hanya dengan mengganti parameternya. Sebuah motif juga dapat dikombinasi dengan motif lain untuk menghasilkan motif baru. jBatik juga menyediakan beragam contoh motif untuk membuat motif-motif baru. Motif tersebut juga dapat disimpan dalam format gambar ( *.jpg atau *.png ) atau 3D (*.obj) untuk kemudian diprint di kertas.
Software JBatik bisa untuk membuat di media apapun. Diantaranya pada wallpaper, desain kriya atau furniture seperti ukiran di kayu dan sebagainya. Namun saat ini fokus pada pengembangan kerajinan batik tradisional.
JBatik telah menunjukkan kolaborasi besar antara budaya dan teknologi. Ia menunjukkan bahwa keduanya dapat berjalan beriringan jika dieksplorasi lebih jauh, bukannya saling mematikan. Inovasi luar biasa karya Pixel People Project tersebut pun lantas diganjarpenghargaan INAICTA 2008. Tidak hanya itu saja, JBatik berhasil mendapatkan penghargaan internasional dalam ajang APICTA 2008 (Asia Pacific ICT Award 2008) untuk kategori ‘Tourism and Hospitality’ . JBatik juga memperoleh penghargaan dari UNESCO yakni Award of Excellence 2008 sebagai Stamp of Approval yang menunjukkan bahwa perangkat lunak tersebut memiliki kualitas tertinggi pada level internasional dan sangat berpotensi untuk masuk ke pasar dunia.  Software JBatik saat ini dibandrol dengan harga Rp. 350.000. Dan Anda dapat memesannya melalui situs resminya di http://jbatik.com.
Semoga di masa mendatang, lebih banyak lagi karya anak bangsa seperti JBatik yang memerhatikan sisi-sisi pelestarian dan pengembangan budaya.

thank's so much by NAFImedia.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar